Sabtu, 16 April 2011

Doa HaRapan Dan KenYataan

Ilustrasi Tiga Kayu yang Berhubungan dengan Kehidupan Yesus
      Alkisah, ada tiga pohon di sebuah hutan belantara.  Ke tiga pohon ini masing-masing mengatakan harapan dan impiannya. Pohon pertama berharap dapat dijadikan peti harta karun sebagai tempat yang berharga  yang berisi emas, perak, dan batu permata sehingga kayu pohon pertama itu akan dipuji banyak orang karena akan ditempatkan barang-barang berharga. Pohon kedua berharap dapat dijadikan kapal yang besar dan kuat yang akan mengangkut raja-raja berlayar ke ujung dunia. Dan pohon ketiga berharap ingin tumbuh menjadi pohon yang paling tinggi di puncak bukit supaya semua orang akan memandangnya.
      Ketiga pohon tersebut tidak pernah berhenti untuk berdoa agar impian ketiga pohon itu dapat terkabul  hingga waktu terus berlalu.  Kemudian datanglah sekelompok penebang kayu yang akan menebang pohon itu. Melihat  penebang kayu, besar harapan dan impian ketiga pohon  menjadi kenyataan.
      Ternyata doa mereka tidak menjadi kenyataan, pohon pertama dibawa ke tukang kayu untuk dijadikan kotak tempat menaruk makanan ternak  yang diletakkan di kandang  dan diisi jerami. Pohon kedua dipotong-potong dan dibuat menjadi sebuah perahu kecil dan dibawa ke galangan kapal. Pohon ketiga hanya dipotong menjadi balok kayu yang besar tanpa dibentuk  dan di simpan di gudang yang gelap.


Ceritapun berlanjut.
Gambar Yesus bayi 

Suatu hari sepasang suami-istri mendatangi kandang tempat kayu pohon pertama diletakkan. Sang istri melahirkan bayi dimana orang-orang datang menyembah bayi itu dan bayi itu diletakkan di atas tumpukan jerami di kotak tempat makanan ternak yang dibuat dari kayu pohon pertama. Pohon pertama pun sadar bahwa di dalamnya diletakkan “harta” yang paling berharga dan terbesar sepanjang masa.





gambar Yesus meredakan
angin ribut

Setelah bertahun-tahun lamanya datanglah sekelompok laki-laki naik ke atas perahu nelayan yang dibuat dari kayu pohon kedua.  Mereka berlayar hingga sampailah di tengah laut, saat itu juga badai besar datang menghampiri mereka dan perahu yang terbuat dari kayu pohon kedua itu tidak dapat melindungi orang-orang di dalamnya. Tetapi ada seorang laki-laki bangun dan menghentikan badai besar itu dan berkata: “Diam! Tenanglah!” maka angin badai itu reda dan laut itu menjadi teduh kembali. Lalu pohon kedua itupun sadar bahwa pohon kedua itu telah mengangkut raja di atas segala raja.




gambar salib Yesus
 Setelah lama menunggu di gudang yang gelap, balok kayu pohon ketiga itupun diangkut untuk dipikul seseorang. Sepanjang jalan pemikul itu diejek, disiksa hingga sampailah di sebuah bukit, kemudian tangannya di paku menembus kayu pohon ketiga dan laki-laki pemikul itu meninggal di puncak bukit. Pohon ketiga itu sangat menyadari bahwa lelaki yang di salib itu adalah Yesus Kristus yang sangat terpandang.

Seringkali keadaan tidak seperti yang kita inginkan, tidak sesuai dengan yang kita harapkan bahkan tidak sama seperti yang kita doakan.
Yang kita perlu tahu bahwa Jalan-Nya bukanlah jalan kita, tetapi jalanNya adalah yang terbaik untuk kita.
Dapat kita baca dalam ayat :
Wahyu 2 : 26
“Dan barang siapa menang dan melakukan pekerjaa-Ku sampai kesudahannya, kepadanya akan kukaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa.”
Amsal 16:9
“Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi TUHANlah yang menentukan arah langkahnya.”

0 komentar:

Posting Komentar